Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bukan Nyinyiran, Busui akan Bersemangat MengASIhi bila Mendengar 5 Ucapan Ini

Peran sebagai ibu menyusui memang tidaklah ringan ya, Bunda. Menyusui Si Kecil sejak pagi, siang, hingga tengah malam pastinya tak hanya melelahkan tubuh, tapi juga pikiran. Belum lagi kalau harus menghadapi ucapan-ucapan orang yang beranggapan bahwa Bunda tidak cukup baik dalam menyusui Si Kecil.
Wah, pastinya akan sangat emosi bahkan membuat sedih ya. Ujung-ujungnya busui pun bisa stres dan membuat produksi ASI terhambat.

Sebagai Bunda yang baru saja melahirkan dan menyusui anak keduanya, wajar saja kalau Nagita menjadi lebih mudah lelah dan terlelap saat menyusui.

Bukannya mendapat dukungan, Nagita malah menerima ucapan yang kurang enak dari sang suami, Raffi Ahmad. Dalam channel YouTube Rans Enterntainment, Raffi Ahmad mengungkap kerjaan Nagita selama beberapa waktu belakangan kebanyakan tidur. Padahal, Nagita masih fokus menyusui dan mengurus anak keduanya.

"Aku kerjanya mompa (ASI) yang 2 jam sekali ya. Anaknya mau keteteran?" jawab Gigi lagi dengan nada agak tinggi. Melihat reaksi tersebut, Raffi kemudian memperbaiki pernyataannya barusan, Bunda. Katanya, tak masalah jika Gigi melakukan kesibukan tersebut, karena memang sudah tugasnya sebagai seorang ibu yang baru melahirkan.

Selain Nagita, hal yang serupa juga dirasakan aktris cantik Ardina Rasti, Bunda. Melalui posting-an Instagram-nya baru-baru ini, wanita yang sedang dalam masa menyusui anak kedua ini mencurahkan emosinya setelah mendapat komentar pedas perihal menyusui.

"Paling sebel kalau ada yang suka bilang, 'Enak ya kerjaannya nyusuin doang,'" tulisnya.

"Padahal menyusui adalah pekerjaan yang sangat berat bagi semua ibu. Mulai dari kurang tidur, badan sakit semua, mual, pegal, ngilu di sekitaran punggung dan pinggang, mendadak lapar/haus berlebihan, harus tetap jaga asupan, lemas, dan masih banyak lagi. Bahkan setiap kali menyusui, setara dengan melakukan olahraga ekstrem & olahraga2 berat lainnya loh!" tulis Ardina Rasti, dikutip dari Instagram, Senin (1/2/2022).

Tak lupa, Ardina Rasti turut mengingatkan pentingnya dukungan yang dibutuhkan busui selama masa menyusui. ia menekankan, stres pada busui sangat memengaruhi mental & kesehatan Bunda berujung pada produksi dan kualitas ASI. 

Ya, sebagai ibu menyusui memang wajar kalau jadi sensitif ya, Bunda. Apalagi, lelah yang dirasakan luar biasa dan harus stand by mengASIhi 24 jam. Tentu saja ini bukan peran yang mudah dilewati.

"Pertimbangkan untuk bertemu dengan konsultan laktasi atau ahli keperawatan lain untuk mendapatkan tips yang membantu. Dan, Bunda akan tahu siapa yang harus dihubungi jika memiliki masalah,"ujar Dee Kassing, IBCLC, seorang konsultan laktasi di St Louis, Missouri, seperti dikutip dari laman Parents.

BUSUI AKAN JADI SEMANGAT MENGASIHI SAAT MENDENGAR KALIMAT-KALIMAT INI


Jika ada sahabat atau keluarga Bunda yang sedang atau mengalami hambatan saat menyusui, berikut beberapa ucapan yang bisa Bunda katakan kepadanya agar bisa membuatnya merasa tenang dan membangkitkan semangatnya menyusui, seperti dikutip dari Times of India:

1. "Aku siap jadi teman curhatmu."

Sebenarnya, saat busui tengah menghadapi masalah, ia hanya ingin merasa tidak sendirian dalam menghadapi semua itu. Katakan padanya bahwa Bunda siap menjadi temag curhat dan berbagi. Bunda pun hanya perlu mendengarkan keluh kesahnya, tak perlu memberikan pendapat. Dengan begitu ia akan merasa tenang dan dihargai

2. "Kamu benar! Menyusui memang enggak gampang."

Seorang busui juga sebenarnya hanya ingin dipahami. Ia ingin orang lain turut memahami rasa frustrasi, sedih, bersalah, bahkan cemas akan bayinya.

3. "Kamu sudah menyusui dengan baik kok."

Jika seorang busui mengalami masalah seperti puting lecet, payudara bengkak, atau ASI tersumbat, berikan ucapan yang membuatnya lebih merasa tenang agar tak terlalu merasa bersalah kepada bayinya. Katakan bahwa ia adalah Bunda hebat yang sudah mengerahkan segenap tenaga dan waktu demi Si Kecil.

4. "Enggak apa-apa, wajar kok kalau kamu merasa lelah."
Katakan juga pada busui untuk jujur bila merasa lelah karena itu hal yang wajar kok.

5. "Apa yang bisa aku bantu?"

Tanyalah kepadanya apakah ada yang Bisa Bunda bantu. Bisa dengan sekadar menemani, membelikan camilan favorit, menemani bayi saat ia hendak istirahat, atau membereskan perlengkapan menyusui. Dengan begitu, seorang busui akan merasa tenang karena ada seseorang di sampingnya.