Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Momen guru bantu basmi kutu di rambut sang murid, aksinya tuai pujian

Guru merupakan salah satu profesi yang mulai yang mendidik, mengajarkan berbagai ilmu, melatih, dan membimbing anak didiknya. Menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah. Mereka mendedikasikan dan mengabdikan dirinya sepenuhnya untuk membentuk anak bangsa yang berkualitas baik secara intelektual dan akhlak.

Tugas utama guru tidak hanya membentuk anak bangsa yang cerdas. Namun, mereka juga bertanggung jawab untuk kondisi para siswanya. Mulai dari segi kesehatan, bahkan dari segi kebersihan.

Hal inilah yang dilakukan oleh guru di sebuah sekolah dasar. Aksinya seorang guru ini dibagikan dalam sebuah video dan diunggah di akun TikTok @zeraazzahra, Rabu (31/8).

Dalam video yang berdurasi kurang lebih 3 menit, memperlihatkan momen seorang guru yang sedang memotong dan membersihkan rambut penuh kutu dari salah satu siswinya.

Sebelum memotong rambut siswi tersebut, ibu guru mempersiapkan beberapa peralatan, seperti gunting dan kain berwarna putih.

Pada video yang mendapatkan like 961.k terlihat siswa tersebut mengenakan seragam merah putih. Siswa perempuan itu tampak duduk dengan pasrah saat sang guru sedang memotong rambutnya.

Saat memotong rambut sang siswa, terlihat kain putih itu dipenuhi dengan kutu-kutu dari rambut siswa tersebut.

"Guru gak hanya mengajar anak didiknya. Tapi juga menjaga kesehatan dan kebersihan anak didiknya," ucap sang guru, dikutip brilio.net dari TikTok @zeraazzahra, Rabu (31/8).

Awal mula rambut siswa dipenuhi kutu.


Momen sang guru memotong rambut penuh rambut, berawal dari sang guru yang mendapati siswa perempuan tersebut selalu menggaruk kepala saat kegiatan belajar berlangsung.

Melihat siswa tersebut selalu menggaruk kepala, @zeraazzahra selaku guru pun bertanya kepada siswa perempuan itu.

"Katanya gatel bu.." kata @zeraazzahra.

Mendengar sang guru yang bertanya kepada siswa perempuan. Salah satu teman dari siswa itu pun memberitahu sang guru, bahwa terdapat kutu yang sedang berjalan di jilbab siswa tersebut.

Penasaran dengan siswa perempuan tersebut, sang guru pun langsung mengambil tindakan dengan membuka hijab sang siswa. Betapa terkejutnya sang guru saat membuka hijab siswa tersebut. Guru itu mendapati kutu-kutu yang terlalu banyak di rambut siswa perempuan.

"Itu banyak banget sampai nyumpel-nyumpel. Kemudian waktu aku buka jilbabnya itu, baunya Masyaallah sampai baunya apek banget," jelasnya.

Lalu @zeraazzahra meminta pertolongan kepada guru-guru yang lainnya untuk membantu menyisir rambut dengan menggunakan sisir suri. Tidak hanya itu, guru-guru tersebut memotong rambut siswa perempuan.

"Dan juga kita kasih obat kapur barus karena mendadak. Katanya kapur barus bisa bikin mati kutu. Tapi bener bikin mati juga. Entah itu nanti sesaat yang penting keadaan darurat kita nyisiri kemudian dikasih kapur ajaib," jelasnya.


Sementara itu, saat sedang membersihkan rambut siswa yang penuh kutu, guru tersebut memberikan pertanyaan. Diketahui orangtua dari siswa kelas 4 itu tidak terlalu memperhatikan kebersihan dan kesehatan sang anak. Hal ini lantaran sang orangtua sibuk bekerja.

"Nak ibu mu di rumah mboten," tanya salah satu guru.

"Di rumah," jawab anak SD tersebut.

"Jadi anak ini pakai jilbab terus tiap hari. Mungkin karena lembap berakibat kutunya semakin menyebar luas hingga semua helai rambutnya itu ada telur-telurnya," ucap @zeraazzahra.

Mirisnya kutu-kutu yang ada di rambut siswa tersebut mengakibatkan kulit kepalanya menjadi berdarah, sehingga menimbulkan bercak coklat di bajunya.

"Semangat anak cantik ,,, bu guru pantau terus sampai kamu bebas kutu," ucap sang guru.

Video yang dibagikan di TikTok itupun, lantas mencuri perhatian warganet. Mereka memberikan berbagai komentar terhadap siswa SD tersebut.

"Terimakasih Bu sudah jadi Guru terbaik buat anak didiknya," ucap," @NurulZacky.

"Guru adalah orang tua kedua.. krena mreka tulus dlm mendidik dan menyayangi anak2 murid nyasehat selalu para pahlawan tanpa jasa," ujar akun @Amsaffa.

"Itu emak pasti sibuk cari sesuap nasi buat bertahan, makasih banget ya bu guyuuu," kata @kumang_0.

"Ahh sayang bgt sama bu gurunyaaa," ucap @Anwar Sanjaya pigano.

Semangat anak cantik ,,, bu guru pantau terus sampai kamu bebas kutu🤗