Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Satpam fasih berbahasa Korea, aksinya bikin warganet takjub

Merebaknya demam K-Pop dan drama Korea di Indonesia sukses membuat masyarakat Indonesia antusias untuk mempelajari kebudayaan Korea Selatan. Tidak hanya kebudayaannya saja, namun banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dan ingin belajar tentang bahasa Korea. Salah satu orang yang mempelajari bahasa Korea adalah seorang satpam yang kini tengah viral di media sosial.

Sosok satpam tersebut terlihat sangat fasih berbahasa Korea. Aksinya berbicara bahasa Korea pertama kali diunggah oleh akun @mb2pt di media sosial TikTok, pada Rabu (31/8) lalu.

Pada rekaman video tersebut, terjadi percakapan antara si pemilik video @mb2pt dengan satpam tersebut. Keduanya tampak berkomunikasi dengan bahasa Korea tanpa adanya kendala sama sekali.


Satpam yang terlihat menggunakan seragam berwarna cokelat itu tak hanya bisa mengucapkan satu atau dua kalimat saja. Namun satpam yang bekerja di salah satu perusahaan di kawasan Cikarang itu mampu menjawab semua pertanyaan dengan lancar dan cepat mengenai pertanyaan yang diberikan oleh akun @mb2pt.

"Kalo di sana (PT Korea) kerjanya harus bisa bahasa Korea yah? Security juga bisa," keterangan dalam video yang diunggah @mb2pt, dikutip brilio.net, Kamis (1/9).

Pada video rekamanan tersebut, pemilik akun @mb2pt meminta satpam tersebut untuk berbicara dalam bahasa Korea. Lantas, karena diminta untuk berbicara bahasa Korea akhirnya satpam tersebut pun memperkenalkan dirinya dalam bahasa Korea.

"Nae ileum, Muhammad Ivan Nugraha, gomabseubnida (nama saya, Muhammad Ivan Nugraha, makasih)," jawabnya.

Namun, bukan pembicaraan mengenai perkenalan yang diinginkan oleh @mb2p. Pemilik akun tersebut menginginkan satpam tersebut membahas hal lainnya.

"Naneun hangug salam-eul joh-ahaeseo hangugmal-eul hal su issda (karena saya suka orang Korea, jadinya saya bisa bahasa Korea),” jelas satpam tersebut.


Sementara itu, walaupun bekerja di dalam negeri, Ivan tetap belajar bahasa asing. Diketahui dari TikTok pribadinya yaitu @nfr_killua, satpam yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai barista di salah satu kedai kopi mengaku belajar secara otodidak.

Ivan belajar bahasa Korea hanya melalui film dan drama Korea saja. Pria yang diketahui berusia 21 tahun itu sudah belajar bahasa Korea kurang lebih selama 12 tahun, mulai dari pelafalan aksara Hangul.

"Mungkin sekitar 12 tahun yang lalu lah, itu sih gua cuma dari film otodidak, ngga bisa baca tulis, ya gua buta huruf sih,” jelasnya.


Diketahui dalam sebuah komentar di video yang diunggah, ternyata perusahaan asing di daerah Cikarang tidak hanya menuntut untuk bisa Bahasa Inggris saja. Melainkan harus menguasai 3 bahasa asing.

"Buruh pabrik cikarang mengusai 3 bhs tergntung company nya bhs jepang, korea, mandarin," jelas @thaliaavigail.

Lantas video yang memperlihatkan aksinya fasih berbahasa Korea, membuat warganet takjub dengan sosok satpam tersebut. Bahkan, banyak warganet yang memuji kemampuan Bahasa Koreanya.

"Keren bang," ucap @SukmaDalavegaPartII.

"KEREN BGT TERNYATA DIA JUGA LANCAR BAHASA INGGRIS," ujar @Satriasan.

"eh pronunciation nya bagus bgt," kata @Athaya.

"aq yg 7th kerja di perusahaan Korea... tiap hari ketemu orang korea tapi aku gk isa bahasa korea... haha," tambah @TaufiqSanjaya.

@mb2pt next level security #bahasakorea #한국어 #cikaranglife #cikarang ♬ original sound - mba2pt - mb2pt