Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Dandan sunggar dan paes Jawa sendiri tanpa bantuan MUA, skill makeup wanita ini tuai pujian

Indonesia memiliki beragam suku sehingga memiliki keragaman budaya. Tak heran jika setiap suku dan daerah memiliki ciri keragaman masing-masing. Misalnya ragam adat saat pernikahan.

Seperti pernikahan Jawa Tengah dan Yogyakarta yang memiliki ciri khas tersendiri. Untuk pengantin wanita, biasanya mereka akan memakai paes atau riasan dahi dengan detail cengkorongan (lekukan-lekukan paes).

Untuk membuat riasan paes tentu tidak boleh sembarangan. Paes juga cukup sulit dibuat karena memiliki pakem-pakem tersendiri. Untuk itu, makeup artist atau MUA harus belajar dan banyak praktik agar mahir membuat paes.

Tak sedikit juga orang yang gagal saat mencoba membuat paes sendiri. Namun, lain halnya dengan gadis remaja bernama Mia Salsa ini. Meski masih remaja, gadis ini dengan lihai memperlihatkan cara membuat paes.

Video TikTok yang diunggah akun TikTok @misal010 ini memperlihatkan saat Mia tengah merias dirinya sendiri dengan paes. Ia menjelaskan cara-cara menggambar cengkorongan di dahi dengan detail.

"Cari titik tengah, kanan dan kiri 2 jari. Lanjut 2 setengah jari, 3 jari dari alis untuk sudut gajahan. Bentuknya setengah bulatan telur bebek. Sudut penitis 1 jempol dari sudut alis, arahnya ke tengah hidung. Bentuknya setengah bulatan telur ayam," tulis Mia dalam video yang diunggahnya, dikutip brilio.net pada Senin (13/2).


Lalu, ia memberikan cara untuk menggambar pangapit atau paes yang menyerupai kuncup bunga kantil. Tak lupa, ia juga membeberkan cara membuat pangkal godek dengan bentuk kuncup bunga turi.

"Pengapit cari titik tengah kanan kiri setengah jari. Arahnya ke depan alis. Sudur mundur setengah jari. Bentuknya ngundup kanthil. Pakai godek 3 jari, 2 jari, 1 jari. Lebarnya satu jari. Berbentuk ngundup turi," jelasnya.


Bukan hanya paes saja yang dibuatnya. Mia pun membuat sanggul rambutnya sendiri. Usai membuat sanggul, ia mengisi paesnya dengan pidih.

"Parting rambut sisanya diikat. Rambut yang tidak diikat, di sasak, dihaluskan, kemudian dibentuk. Beri hair spray. Isi cengkorongan dengan pidih. Pemasangan sanggul dengan harnal baja," jelasnya.


Hasil paes gadis tersebut sangat cantik meski ia membuatnya tanpa bantuan MUA. Paes tersebut terlihat presisi dan rapi. Keterampilannya menuai pujian dari warganet. Mereka mengaku kagum dengan keterampilannya membuat paes sendiri.

"Rapih bgt mba," puji akun @hnyhen.

"Mantep kaka bisa paes sendiri salut banget," kata akun @agushadimua.

"Wuiihhh bisa sndiri hebat," ujar akun @mila_2882.

"Hebattt," kata akun @najah_wo_22.

"Mantap," kata akun @vebalimakeup.

@misal010 Balas @misal010 gambaran disaat perias nikah #Percaya #makeuppengantin #makeupsendiri #soloputri #makeupjawa #mualamongan #paes #fypシ #xyzbca #viral ♬ Ojo Dibandingke Farel Prayoga X Filla Talia (Rmp Channel) - Riza Productions