Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pakai 2 bahan dapur, ini cara merebus telur agar mudah dikupas dan hasilnya mulus

Telur bisa diolah dengan berbagai cara. Salah satunya direbus, menu masakan yang dikenal super praktis. Selain enak, telur rebusjuga kaya protein, sedangkan rendah kalori jika dibandingkan goreng.

Kamu tinggal merebusnya di air dalam kurun waktu tertentu. Tingkat kematangan telur rebus pun bisa disesuaikan selera. Mulai dari setengah matang maupun matang sempurna.

Meski dibilang gampang, namun demikian ternyata tak sedikit orang merasa kalau hasil telur rebus justru cangkangnya sulit dikupas. Seolah cangkang telur menempel begitu kuat, nih. Nah, kalau pun terlalu dipaksa, permukaan telur jadi tidak rapi lagi.

Usut punya usut, ternyata proses merebus memang memengaruhi cangkangnya, lho. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa meniru apa yang dilakukan pengguna YouTube Dapur Bunda Keysha saat merebus telur miliknya. Dengan cara ini, ia menjamin telur rebus yang dihasilkan akan mudah dikupas dan hasilnya mulus.

Dalam video tersebut, perempuan satu ini mempraktikkan caranya dengan menggunakan telur bebek. Tapi nggak perlu khawatir, trik ini juga bisa diterapkan pada rebusan telur ayam.

Langkah pertama adalah mencuci telur bebek sebelum direbus supaya seluruh kotoran yang menempel di cangkang hilang.

Setelah itu, ia memeras beberapa buah jeruk nipis yang nantinya akan dicampurkan di air rebusan telur. Ternyata perasan jeruk nipis ini berfungsi untuk melunakkan cangkang telurnya, lho.

"Istilahnya untuk mengempukkan kulit atau cangkang. Kalau tidak ada jeruk nipis bisa diganti dengan cuka makan," ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Dapur Bunda Keysha pada Selasa (14/2).


Lalu panaskan air di panci hingga benar-benar mendidih. Tambahkan 2 sdm garam dan perasan air jeruk. Aduk-aduk agar semua bahan tercampur merata. Setelah itu, masukkan telur yang akan direbus secara perlahan agar tidak pecah.

Saat telur dimasukkan ke air rebusan, pastikan kamu mengaduknya secara perlahan. Hal ini berfungsi agar kuning telur bisa berada di posisi tengah. Rebus telur menggunakan waktu yang tepat, ya.

"Untuk telur ayam biasa waktunya 10 sampai 15 menit sudah bagus, tapi kalau telur bebek butuh waktu 20 menit ya Bunda," ucapnya.

Setelah 20 menit, matikan kompor lalu angkat telur rebus. Langsung masukkan telur ke dalam mangkuk yang berisi air es.


Setelah suhunya menurun, baru kupas telur yang sudah direbus. Benturkan bagian ujung telur secara perlahan dengan telur lainnya atau di benda yang permukaannya keras. Dengan begitu, telur rebus menjadi mudah dikupas.

Alhasil tanpa mengeluarkan tenaga ekstra, telur rebus pun jadi mudah untuk dikupas. Hasilnya pun tampak putih mulus. Tertarik untuk mencobanya di rumah?

Video milik YouTube Dapur Bunda Keysha ini pun sontak menyita perhatian warganet. Semenjak diunggah pada Mei 2021 lalu, video ini sudah ditonton hingga hampir 2,4 juta kali dan disukai oleh 36 ribu akun YouTube lainnya.

"Tks jeng keysha, sdh berbagi ilmu, salam masak memasak dan sukses selalu," tulis akun YouTube ani wijayanti.

"Makasih ilmunya mba. Sangat bermanfaat buat ibu yg baru tahu cara memasak dan mengupas telur yg utuh dan cantik mulus," ujar akun YouTube Uripah Tasma.

"Trimakasih bunda tips merebus telur yg benar dgn hasil yg baik dan mudah dikupas ," sahut akun YouTube budii.

"Terima kasih bunda kesya tip merebus telurnya ," ucap akun YouTube Nur Khotimah.

"Masya Allah..... Sangat bermanfaat sekali terimakasih atas informasinya Bunda mantap," tulis akun YouTube yunny abdullah.


youtube image