Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Proses pembuatan kue khas India ini dibilang nggak higienis campur rasa keringat, intip 11 potretnya

India terkenal akan banyak hal seputar kebudayaan yang mendunia, misalnya bangunan bersejarah Taj Mahal, film dan serial Bollywood, yoga, agama Hindu, sampai kulinernya. Kuliner khas India sendiri dikenal cukup unik, lho. Beberapa hidangan India yang banyak orang gemari adalah nasi biryani, samosa, roti naan, dan lain sebagainya.

Di samping itu, ada pula hidangan khas India yang dikenal kurang menggugah selera lantaran dibuat dengan cara jauh dari kata higienis, salah satunya soal street food atau aneka camilan. Aneka hidangan yang tak higienis ini pun menarik banyak perhatian turis lantaran jarang ditemui di negara lainnya di dunia.

Contohnya hidangan kue buatan salah satu pabrik di India yang sempat dibagikan akun Facebook Indian foodiee pada Selasa (30/1). Bahan-bahan yang dipakai dan langkah pembuatan kuenya memang sekilas terlihat normal, namun cara mengaduk adonan kuenya memang bikin siapa saja yang melihat terheran-heran.

"Veg Fruit Cake Making In Hygienic Bakery Mein (Pembuatan kue rasa buah dan sayur oleh pengrajin kue yang sangat higienis)," tulis pemilik akun Facebook Indian foodiee di unggahan tersebut.

Lantas, gimana sih cara pembuatannya? Berikut 11 potret proses pembuatan kue khas India ini bikin geleng kepala, dirangkum BrilioFood dari Facebook Indian foodiee, Rabu (1/2).

1. Semula, proses pembuatan kue ini terlihat biasa-biasa saja, yakni menyiapkan telur sesuai kebutuhan di dalam wadah sebagai bahan utama.


2. Telur tersebut dimasukkan ke dalam mixer. Mixernya pun tampaknya sudah sering dipakai sehingga berkarat. Lantas, telur diaduk bersama gula dan bahan lain.


3. Adonan telur tersebut dipindahkan dan dipisahkan dari whisknya. Cara mengambil sisa adonan dari whisk ini pun bikin bergidik, alih-alih pakai spatula, pria tersebut hanya menggunakan tangan langsung.


4. Selanjutnya, adonan dicampurkan dengan tepung. Untuk mengaduknya, pria tersebut langsung menggunakan tangannya begitu saja agar adonan merata sampai bawah.


5. Adonan pun selanjutnya siap dimasukkan ke loyang. Bukannya pakai sendok, adonan justru langsung diambil dan dilempar menggunakan tangan.


6. Loyang berisi kue kemudian ditutup dan disusun ke rak sebelum dipanggang.


7. Alat pemanggang kue ini rupanya berukuran begitu besar, sehingga bisa memuat puluhan kue sekaligus dalam sekali proses memanggang.


8. Setelah kue matang dan dikeluarkan dari oven, saatnya membuka tutup loyang kue satu per satu.


9. Kue tersebut lantas dikeluarkan dari loyang dan ditaruh terlebih dahulu di atas meja sampai tak panas lagi. Baru kue bisa dipotong-potong.


10. Potongan kue tersebut selanjutnya disusun di atas meja terlebih dahulu sebelum dikemas.


11. Cara mengemas kue khas India ini juga beda dari yang lain, nih. Yakni menggunakan toples plastik. Setelah toples penuh, setoples kue pun siap dijual ke pelanggan.