Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Transmart Berinovasi, Jadi Surga Belanja Kebutuhan Bunda & Keluarga

Bunda termasuk salah satu konsumen Transmart? Kini Transmart sudah berinovasi dan jadi surga belanja kebutuhan Bunda dan keluarga.

Chairman CT Corp Chairul Tanjung memimpin langsung transformasi dan langkah-langkah inovasi Transmart, jaringan hipermarket dan pusat perbelanjaan di bawah naungan PT Trans Retail Indonesia, dalam menghadapi 2023.

"Bapak Chairul Tanjung terjun langsung mentransformasi Transmart dan memastikan Transmart jadi retail bigmart nomor satu di Indonesia," ujar Vice President Corporate Communications PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid.

Menurut Satria, seperti halnya sektor industri lain, Transmart juga berjuang keras melewati masa pandemi. Salah satunya yang berujung penutupan belasan gerai Transmart, dari total 120 gerai yang dimiliki.

Meski demikian, gerai-gerai yang ditutup adalah gerai lama atau tua yang memang sudah tidak menarik secara penampilan dan tren, juga yang berlokasi di beberapa pusat perbelanjaan yang memang sudah sepi pengunjung.

Chairman CT Corp Chairul Tanjung kemudian memimpin langsung perubahan-perubahan di semua lini sejak September 2022, yang kemudian menghasilkan efek langsung yaitu kenaikan profit di bulan Desember 2022.

Di 2023 Transmart semakin bangkit dan membukukan kenaikan penjualan. Lini bisnis FMCG Transmart mencatat lonjakan penjualan 48 persen, Department Store 67 persen, Electronic 55 persen dan Trans Hardware 26 persen pada Desember 2022 dibandingkan dengan Agustus 2022.

"Lini bisnis FMCG naik seiring lengkapnya produk di Transmart dan harga yang kompetitif. Departemen store pun naik seiring semakin banyaknya multi brand yang masuk ke Transmart," ujar Satria.
Chairul Tanjung, menurut Satria, juga langsung turun ke lapangan untuk berbicara dengan konsumen hingga supplier, untuk memastikan transformasi berjalan lancar.

"Hampir semua toko di seluruh Indonesia sudah didatangi," kata Satria.

Sejumlah inovasi yang telah dilakukan Transmart di antaranya adalah mengajak pengunjung untuk merasakan sensasi sebuah tempat yang dipenuhi seputar tren kekinian, di antaranya Korean Food, gelaran energi ramah lingkungan, event-event menarik, hingga tren digital e-commerce.

Selain itu, Transmart juga melakukan inovasi melalui Allo Fresh, sebuah platform Online Commerce Groceries. Allo Fresh menjadi kolaborasi bersama Bukalapak, sebagai partner dalam memberikan layanan kepada semua konsumen Transmart di Indonesia.

Satria menambahkan, seluruh inovasi ini juga didukung dengan kerja sama strategis bersama Grab untuk mengakomodir kebutuhan sebagian konsumen yang tetap memilih untuk berbelanja secara online.

"Konsumen Transmart dapat menikmati fasilitas diskon dan kemudahan yang ditawarkan melalui kerja sama kami dalam ekosistem CT Corp dengan diskon 10% menggunakan aplikasi bank digital Allo Bank maupun fasilitas Bank Mega," kata Satria.