Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Viral Hujan Ribuan Cacing di China, Fenomena Aneh Bikin Warga Heboh

Hujan merupakan fenomena alam yang sering terjadi di bumi. Hujan adalah presipitasi cair atau air jatuh dari langit. Hujan jatuh ke bumi ketika awan menjadi jenuh, atau terisi, dengan tetesan air. Hujan bisanya dibarengi dengan mendung, petir dan angin kencang

Namun tak jarang pula fenomena hujan aneh yang turun di bumi. Salah satunya adalah hujan es yang beberapa kali turun di berbagai daerah. Tak hanya hujan es, sejarah sempat mencatat sejumlah fenomena hujan yang jauh lebih aneh. Antara lain hujan daging, katak, darah, ikan hingga cacing yang baru baru ini terjadi di China.

Fenomena hujan aneh terjadi di Beijing, China. Warga di ibukota Negeri Tirai Bambu itu terkejut karena tiba-tiba turun 'hujan cacing'. Hingga kini belum diketahui sumber fenomena tersebut. Warga Beijing pun merasa bingung dengan fenomena itu. Laman El Heraldo melaporkan bahwa penduduk Beijing mendapat pengumuman untuk membawa payung saat hendak meninggalkan rumah.

Dalam cuplikan berita, terlihat warga kota menjalankan rutinitas sehari-harinya dengan membawa payung agar tidak terkena ulat yang berjatuhan. Berikut cerita selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari Daily Star, Minggu (12/3/2023).

Ada yang Menyebutnya Bunga Berbentuk Cacing


Dalam video yang beredar di media sosial itu menunjukkan daerah tersebut tampaknya dihujani ribuan cacing-cacing yang turun dari langit. Ribuan cacing terlihat berceceran di seluruh jalanan dan mobil. Pemerintah China belum mengungkapkan penyebab di balik fenomena aneh ini.

Namun, beberapa teori mulai bermunculan di internet. Beberapa warganet menyebut benda yang berjatuhan itu sebenarnya adalah bunga poplar. Bunga pohon populer di daerah itu, yang memiliki banyak biji, seringkali dikira ulat saat jatuh.

Pendapat yang lainnya menyatakan bahwa cacing-cacing itu berjatuhan setelah tersapu angin yang kencang. Menurut jurnal ilmiah Mother Nature Network, peristiwa ini dapat terjadi kepada hewan setelah adanya badai.

"Akhir dunia semakin dekat," salah satu pengguna Twitter menduga.

Pernah Terjadi di Daerah Lain

Bukan pertama kali, pada 2011 fenomena serupa juga pernah terjadi di Perbatasan Skotlandia. Hal ini diungkapkan oleh seorang guru olahraga bernama David Crichton. Saat itu, Crichton sedang memimpin kelas anak laki-laki secara tiba-tiba mendengar suara seperti ada benda yang jatuh ke lapangan.

Kemudian, ia menoleh ke atas dan melihat lusinan cacing jatuh dari langit. Crichton, yang saat itu berusia 26 tahun mengatakan, ia dan rekan guru lainnya di Akademi Galashiels merasa bingung dengan kejadian tersebut.

Hingga akhirnya mereka menemukan lebih banyak lagi cacing yang tersebar di lapangan tenis sekolahnya. Saat cacing terus berjatuhan, Sebagian anak tertawa namun tetap menutupi kepala mereka dan berlari mencari perlindungan.

"Kemudian mereka terus turun. Anak-anak tertawa tetapi beberapa menutupi kepala mereka dan yang lain berlarian mencari perlindungan. Mereka berpencar untuk menyingkir," tambah Crichton.