Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Heboh sinetron lupa diedit, ternyata begini sepelenya pembuatan adegan dengan green screen

Media sosial baru-baru ini dibikin heboh dengan cuplikan adegan salah satu tayangan sinetron televisi. Diunggah oleh akun TikTok @cafecaramellatte, ada kejanggalan saat menampilkan adegan tokoh sinetron yang sedang koma di rumah sakit dengan ditemani beberapa anggota keluarga.

Pada awalnya, tampak adegan seorang wanita sedang menangisi aktor pria yang koma. Kemudian, cerita berganti ke adegan berbeda. Tampak dalam video, pria yang sedang koma berdiri kebingungan dan mendengar suara-suara. Namun lucunya, sinetron tersebut memperlihatkan adegan mentah tanpa proses editing.


"Backgroundnya lupa belum di edit," tutur @cafecaramellatte, Senin (10/4).

Karena hal itu, pemeran yang mengenakan baju putih itu berakting dengan latar green screen di sebuah ruang studio. Diduga, seharusnya dalam adegan tersebut berlatar suasana di alam barzakh.


Nah, bagi yang belum tahu, saat produksi sebuah film maupun sinetron, tentu membutuhkan banyak eksplorasi tempat sesuai dengan konsep cerita. Sayangnya, perlu biaya yang cukup mahal. Untuk itu, banyak yang memanfaatkan green screen sebagai pengganti latar belakang yang tak mungkin didapatkan.

Nantinya, latar berwarna hijau dari green screen akan diedit dengan diganti atau digabungkan menggunakan background sesuai cerita untuk membangun suasana menjadi lebih real. Penggunaan warna hijau sebagai latar akan memudahkan proses editing. Pasalnya, editor akan lebih mudah dalam memisahkan objek utama dengan latar dengan hasil yang tampak nyata.

Namun, adegan ini tentu memerlukan kerja sama tim yang baik. Selain aktor yang kudu lihai berakting meski hanya dengan latar green screen, juga perlu arahan sutradara untuk membuat adegan tampak lebih nyata. Seperti momen di balik layar yang memperlihatkan adegan perkelahian siluman ular di sinetron kolosal.


Tak hanya latar belakangnya saja yang diganti dengan green screen, melainkan pakaian bagian bawahnya juga dibalut kain berwarna hijau. Maksud dari penggunaan kain hijau ini tentu saja untuk memudahkan pengeditan video.

Nggak hanya sinetron Indonesia saja yang menggunakan green screen, banyak film-film terkenal yang menggunakan teknik ini untuk mempercanggih tampilan filmnya. Namun, kemajuan teknologi membuat editing adegan film di luar sana lebih mulus dan tidak aneh tampilannya.

@dibaliklayarcekkk #behindthescenes #dibaliklayar #syuting #sinetron #kolosal #kolosalindonesia ♬ original sound - Dibaliklayarcekkk