Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tanpa perlu direndam air, ini cara menyimpan daun jeruk agar tetap hijau dan awet hingga dua bulan

Sudah menjadi rahasia umum jika daun jeruk sangat bermanfaat untuk masakan. Selain menambahkan aroma yang harum, bahan satu ini juga bisa membuat rasa masakan menjadi lebih lezat, lho. Nggak cuma itu, daun jeruk juga punya segudang khasiat untuk kesehatan.

Dilansir dari webmd.com, kandungan daun jeruk dapat membersihkan aliran darah, menjaga kesehatan sistem pencernaan, menghilangkan bau mulut, hingga menangkal radikal bebas di tubuh. Mengetahui hal itu, nggak heran apabila akhirnya banyak orang sengaja menyimpan daun jeruk sebagai stok di rumah.

Stok daun jeruk ini sebenarnya bisa disimpan di suhu ruang saja. Namun, terkadang jika sudah disimpan dalam hitungan hari, biasanya daun jeruk akan mengering dan hilang aroma wanginya.

Sebagai solusi, sebagian orang sengaja merendam daun jeruk di dalam air lalu disimpan di kulkas. Meski efektif membuat tahan lama, namun cara ini terkadang membuat daun jeruk mengerut dan aroma wanginya pun menghilang. Jika sudah seperti itu, tentunya rasa dan aroma daun jeruk pun nggak bisa diserap dengan maksimal lagi, kan?

Untuk meminimalisir hal itu terjadi, kamu bisa meniru yang dilakukan oleh pengguna YouTube @rustidayulivia. Di salah satu videonya, perempuan satu ini menunjukkan tutorial menyimpan daun jeruk agar tetap terjaga kualitasnya meski disimpan dalam waktu yang lama.

Dilansir BrilioFood dari YouTube @rustidayulivia pada Selasa (4/4), cuci bersih terlebih dahulu daun jeruk yang akan digunakan. Agar bersih maksimal, jangan lupa untuk menggosok seluruh permukaan daun dengan tangan, ya. Jika sudah, simpan daun jeruk di wadah yang berlubang.


Setelah itu, keringkan satu per satu daun jeruk yang akan disimpan. Dalam video tersebut, nampak perempuan satu ini mengusap seluruh permukaan daun jeruk dengan lap kering. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan kandungan air di dalam daun jeruk yang menyebabkan pembusukan.


Apabila sudah benar-benar kering, masukkan daun jeruk ke dalam wadah yang bersih. Nggak perlu dilapisi plastik ataupun ditambahkan air, penuhi wadah tersebut dengan daun jeruk.


Tutup wadah apabila seluruh daun jeruk sudah dimasukkan. Langkah terakhir adalah masukkan wadah tersebut ke dalam kulkas bagian freezer. Dengan cara ini, dijamin daun jeruk akan awet hingga hitungan bulan lamanya.

“Jika ingin menggunakan daun jeruk, tinggal ambil daun jeruk dari dalam freezer tanpa dicuci lagi,” ucapnya.


Gimana, ternyata mudah kan cara menyimpan daun jeruk? Langsung praktikkan cara satu ini, ya, agar stok daun jerukmu tidak mudah kering dan membusuk saat disimpan dalam waktu yang lama.

Video milik @rustidayulivia ini pun sontak menyita perhatian warganet. Meski baru diunggah pada Februari 2023 lalu, video ini sudah ditonton hampir 2 ribu kali dan disukai oleh 29 akun YouTube lainnya.

youtube image