Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Viral Potret Penampakan Sayap Pesawat Dilakban saat Terbang, Bikin Ngeri

Persiapan penerbangan pesawat menjadi hal yang sangat diperhatikan untuk keselamatan penumpak. Biasanya para petugas mempersiapkan matang-matang, mulai dari pembersihan area pesawat, pengecekan mekanik dan fungsi pesawat.

Hingga benar-benar aman dan pesawat siap menjalankan tugasnya untuk terbang lagi. Namun baru-baru ini beredar sebuah video yang memperlihatkan sayap pesawat terdapat banyak lakban. Penampakan pesawat dipenuhi lakban itu dibagikan seorang pengguna Twitter.

Dalam cuitan tersebut, pengguna Twitter itu mengungkapkan keresahannya setiap melihat kondisi sayap pesawat yang dilakban tersebut. Tampak foto yang beredar memperlihatkan sayap pesawat yang tengah terbang dipenuhi dengan lakban berwarna abu-abu.

Hal itu membuatnya bertanya-tanya mengenai maksud lakban di sayap pesawat. Berikut kisah selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari mStar, Jumat (14/4/2023).

Bukan Lakban Sembarangan


Tampak dalam foto tersebut, lakban menempel pada pesawat. Penampakan itu membuat pesawat terlihat seperti sedang ditambal. Tentu saja hal tersebut membuat khawatir dan cemas ketika hendak menaiki pesawat tersebut.

"Guys, haruskah aku khawatir? Atau ini hanya stiker hemat bensin yang selalu ditempel orang di tangki bahan bakar mobil?" katanya pengguna Twitter yang mengunggah foto tersebut sambil bercanda.

Melalui foto yang dibagikannya, terlihat sayap pesawat terbang yang dinaikinya itu dipenuhi dengan lakban berwarna abu-abu. Foto tersebut tentu saja membuat netizen juga bertanya-tanya. Kenapa pesawat terbang ditambal pakai lakban?

Mereka khawatir pesawat yang dinaiki oleh pengguna Twitter itu dalam bahaya karena sayapnya bermasalah. Namun seorang netizen tampil memberikan penjelasan ilmiahnya. Ia menyatakan bahwa 'lakban' yang digunakan pada pesawat itu dirancang khusus untuk bertahan dalam kondisi ekstrem.

"Bukan lakban sembarangan. Lakban ini terbuat dari aluminium, sesuai dengan standar pemeliharaan dan kelaikan penerbangan.m High speed tape ini akan digunakan jika badan pesawat mengalami goresan yang tidak terlalu dalam atau jika catnya terkelupas, dimaksudkan untuk menjaga kelancaran aerodinamis," kata netizen tersebut.

"Ini namanya high speed tape. Bukan satu masalah. Ia hanya akan digunakan selama beberapa putaran penerbangan. Ini hanya solusi sementara, selepas itu harus ada perbaikan permanen.

Ramai Komentar Netizen

Ditambahkan pula, goresan pada badan pesawat perlu ditutup segera karena jika dibiarkan terkena unsur alam ia akan menyebabkan karat dan mendatangkan masalah lebih besar. Hal itu pun diketahui sebagai perbaikan sementara, bertujuan untuk mencegah adanya karat apabila ada cat terkelupas. Mereka menyebutnya ini sebagai temporary repair.

"Selama tidak mengganggu aerodinamik dan ada cukup daya angkat untuk menerbangkan pesawat, tidak ada masalah pakai lakban inia. Ini lebih kepada comestic purpose," tambah netizen tersebut.

Tak hanya bikin ngeri, tak sedikit netizen yang menanggapi hal tersebut dengan bergurau. Ada yang menyebut seperti genteng bocor yang ditembel.

"Macam selotip untuk atap zink bocor aja" kata salah satu netizen.

"Gambar ni boleh jadi iklan plester terunggul, tulisannya berbunyi jika kamu bisa bertahan di udara, apa masalahnya di darat?," kata salah satu netizen.