Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kalau kata netizen, Baby Asher siap menggantikan papanya jadi idola masa depan nih!

Kamu pernah merasa nggak sih, uang gajian atau transferan dari orang tua lewat begitu saja tanpa ada sisa? Jika kamu mengalami hal itu, mungkin sudah saatnya kamu menerapkan gaya hidup bernama frugal living.

Frugal living merupakan sebuah konsep dengan cara menekankan kesadaran alias mindfulness saat mengeluarkan uang. Singkat kata, yakni gaya hidup hemat dengan tujuan mengelola keuangan dengan bijak dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Berbeda dengan pelit, frugal living benar-benar memprioritaskan pengeluarga yang benar-benar penting. Sehingga kamu bisa menghemat uang untuk masa depan. Konsep inilah yang kemudian dianut oleh wanita sekaligus ibu rumah tangga yang satu ini.

Brilio.net menyadur dari akun @chintyamelsan, seorang ibu muda menerapkan frugal living atau hidup hemat di kehidupan rumah tangganya. Dia benar-benar membatasi pengeluaran uang ke hal yang tidak perlu.


"Kalo ga rasain frugal living aku ga akan tau hidup cuma 5jt sebulan," tulisnya di kolom caption, dikutip dari @chintyamelsan.

Beberapa pengeluaran pokok di antaranya belanja kebutuhan sehari-hari dengan pos dana sekitar Rp 200-250 ribu perbulan. Ibu satu anak ini tidak belanja setiap bulan, melainkan 3 bulan, sehingga totalnya sekitar Rp 600 ribu.

Kebutuhan pokok yang dibeli itu diluar dari belanja bahan pakan. Untuk biaya makan, @chintyamelsan menghabiskan sekitar Rp 1 juta sampai Rp 1,2 juta per bulan.


Karena @chintyamelsan tinggal di rumah tanpa orang tua, otomatis kebutuhan listrik dan air dia yang menanggung sendiri dengan kisaran dana yaitu Rp 32 ribu untuk air dan Rp 280 ribu sampai Rp 380 ribu per bulan.

Dengan uang Rp 5 juta per bulan, @chintyamelsan juga masih bisa jalan-jalan seperti makan di luar bersama keluarga. Budget yang dia kasih untuk dana entertain berkisar Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta per bulan.


Menerapkan konsep frugal living membuat @chintyamelsan 'puasa' beli skincare selama tiga tahun. Sebagai gantinya, dia mendapat sponsoran dari teman. Selain itu, wanita berusia 25-an ini bisa tetap bisa menyewa jasa ART (Asisten Rumah Tangga) harian yang dibayar Rp 1 juta per bulan, dengan masa kerja 3 jam per hari.

Siapa sangka gaya hidup hemat yang dilakukan oleh @chintyamelsan dapat membawanya menghemat jutaan rupiah. Bahkan dirinya bisa membeli mobil di usianya yang masih 25 tahun.


Tentu bukan hal mudah menerapkan frugal living dan speak up tentang gaya hidup ini ke khalayak. Karena pada realitanya, @chintyamelsan kerap disangka buruk, berbohong, cuma gimmick konten, padahal tujuannya sekadar membagikan hal yang bermanfaat ke publik.

Meski begitu, masih ada yang menyemangati sekaligus kagum dengan gaya hidup yang diterapkan oleh @chintyamelsan. Beragam respons ditinggalkan warganet di kolom komentar, seperti di bawah ini.


"kykny banyak yang salah mengartikan frugal living, konsepnya bukan potong cost, untuk membeli sesuatu, tapi lebih ke arah mindfull untuk pengeluaran," ujar sunflowers.

"kak ayo bikin webinar cara frugal living. kayanya seru," kata mataharisenjamuu.

"Keren banget kak frugal living bisa hemat segitu, tapi kayaknya untuk art harusnya tetep umr ga siiih per jamnya," komentar @susugeto.

"Kobisa belanja bulanan aja udh pasti 1jt. Pdhl aku berdua aja. Dan itu udh sangat menghemat, blm yg lainya," timpal .

@chintyamelsan Replying to @N U R A ✨ pilih baju netral biar bisa dipake lama #frugalliving #hidupminimalis #fypシ #fyp #tiktokviral ♬ original sound - dly .vibesmusic🎧