Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Viral Aktor Fast and Furious Han Terciduk Jajan di Indomaret, Benarkah?

Video mengenai sosok Han yang dinarasikan jajan di Indomaret viral pada berbagai platform media sosial. Berikut terdapat cek fakta mengenai viralnya sosok pria mirip aktor Fast & Furious di minimarket Indonesia.

Pengguna TikTok dengan akun bernama @nauli0503 membagikan momen mengenai sosok Han. Sebagai informasi, Han atau Han Lue merupakan sebuah karakter di serial film Fast & Furious.

Han diperankan oleh aktor Amerika Serikat berdarah Korea Selatan, Sung Kang. Akun @nauli0503 memberikan narasi bahwa Han sedang membeli minuman teh pucuk pada salah satu minimarket di Indonesia.

"Jumpa Han di Indomaret dekat rumah. Beli teh pucuk dia (emoticon tertawa)," tulis @nauli0503 pada caption. Postingan video yang dibagikan langsung viral setelah ditonton lebih dari 9 juta kali dan memperoleh 600 ribu tanda suka.

"Hoki seumur hidup," tulis netizen. "Lah beneran Han anj*r," balas netizen lain. Postingan semakin viral usai beberapa akun fanspage membagikan video tersebut di Facebook dan Instagram.


Ada pula yang mengklaim bahwa Han berada di Pantai Indah Kapuk (PIK). "Wah kemarin nih di PIK 2. Cek VT aku ya," ungkap netizen lain. Han terkenal usai ia menjadi salah satu tokoh yang menonjol di The Fast and the Furious: Tokyo Drift, Fast Furious, dan Fast Five. Netizen semakin salfok mengingat video diberi backsound Tokyo Drift (Fast Furious) dari Teriyaki Boyz.

Cek Fakta Han Ada di Indomaret


Setelah tim Matamata.com melakukan sejumlah tangkapan layar dan melakukan reverse image via Google, video asli tak menampilkan Han berada di Indonesia. Sung Kang kemungkinan besar berada di luar negeri.

Pendeteksian via Google Lens mengungkap bahwa terdapat keterangan berbahasa Mandarin yang dituliskan memakai huruf Hanzi. Salah satu keterangan di sudut minimarket bertuliskan "Khusus makanan dan minuman lokal" dalam bahasa Mandarin. Usai gambar diperbesar, minuman tersebut bukan Teh Pucuk seperti klaim video sebelumnya.
Terdapat keterangan berbahasa Mandarin pada minuman kemasan yang disodorkan kepada sosok pria mirip Han. Pria tersebut dinarasikan berada di Indomaret. Salah satu sudut ruangan memperlihatkan tulisan "7-Eleven".

Pola cat mengindikasikan bahwa itu bukanlah Indomaret melainkan 7-Eleven. Perlu diketahui, 7-Eleven sendiri sudah lama gulung tikar dari Indonesia sejak 2017. Berdasarkan sejumlah petunjuk di video, Sung Kang kemungkinan direkam saat berada di China atau Taiwan.

Kesimpulan

Dengan demikian, narasi yang mengklaim bahwa "Han jajan teh pucuk di Indomaret" adalah keliru atau hoaks. Pengunggah konten bertujuan menyebarkan video untuk lucu-lucuan saja. Akun @nauli0503 sudah mengaku bahwa ia memang berniat untuk bercanda. "Serius amat kalian" tulis @nauli0503 pada kolom komentar.